Nahan Nafas

Standard

Pertanyaan ke 5 dari Mr. Rudy : Seberapa lama seseorang dapat menahan nafasnya di dalam air?

Setiap manusia di dunia ini punya kemampuan yang berbeda-beda, ada yg cuma bisa dalam hitungan detik, tapi ada lho yang megang rekor nahan nafas terlama pada tanggal 14 Februari lalu . Seorang penyelam Swiss berhasil memecahkan rekor dunia menahan nafas di bawah air selama 19 menit dan 21 detik .

Peter Colat, si penyelam bebas (freediver) itu memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Nicola Putignano dari Italia yang lebih lambat 19 detik dari rekor yang dibuat Peter .

Beberapa tahun sebelumnya nih si Peter juga pernah bikin rekor serupa selama 16 menit dan 32 detik, tapi dipecahin sama si street magician david blaine di tahun 2008 .Nah tahun 2009 ada lagi yg mecahin rekor david blaine yaitu Nicola Putignano pada Mei 2009 .

Sebelum masuk ke air nih si penyelam harus ngambil oksigen murni buat menyupply kadar oksigen dia selama nahan napas .

Menurut Asosiasi Freediver Inggris, peserta harus dalam kondisi sangat rileks sehingga dapat mengurangi konsumsi oksigen . Akhirnya, persediaan oksigen akan berkurang hingga ke tingkat kritis, menyebabkan hipoksia, dan mungkin akan hilang kesadaran jika si penyelam gagal untuk menyadari kondisi tubuhnya atau mengabaikan apa yang ia dengar .